3 Hal yang Harus diketahui Saat Berorganisasi di Kampus
Idealnya setiap orang harus
memiliki softskill yang baik untuk dapat survive dan sukses di kehidupan
nyata. Softskill adalah kemampuan yang timbul dengan cara praktek dan bukan
sekedar teori yang dipelajari di dalam buku. Salah satu cara meningkatkan softskill yaitu dengan berorganisasi. Mungkin baru sedikit pengalaman saya dalam
berorganisasi, namun berikut tiga hal yang saya pelajari selama berorganisasi
dan harus kalian tahu, diantaranya adalah :
Integritas
Integritas merupakan modal
penting dalam berkehidupan seseorang yang memiliki integritas maka akan sangat
dipercaya dan dapat diandalkan oleh orang lain. Integritas ini meliputi
kejujuran, tanggung jawab dan kemampuan dalam menjalankan tugas, hal yang satu
ini merupakan modal utama dalam berorganisasi.
Respect
Yang kedua ini agak panjang. Setiap
orang pasti memiliki keinginan untuk dihargai. Namun dalam hal ini yang harus
di hargai itu adalah yang ada dalam organisasi. Apa sih yang perlu dihargai
dalam organisasi? Yang saya pelajari pada lingkunan saya berorganisasi yaitu ada tiga jenis, diantaranya adalah respect to people, respect to system dan respect to time. Didalam berorganisasi
pasti kita akan selalu berinteraksi dengan oorang-orang, baik orang baru maupun
orang lama. Setiap orang memiliki pemikiran berbeda-beda kita tidak boleh
memandang rendah atau memandang sebelah mata setiap orang, saat berdebat
berdiskusi juga harus bisa menghargai pendapat. Sehingga ketika kita menghargai
orang lai maka orang lain juga menghargai kita. Setelah itu di organisasi ada
yang namanya system, dengan kalian menghargai bagaimana system yang ada
diorganisasi maka system yang terbangun dalam organisasi dapat berjalan baik
dan meningkatkan kualitas kinerja organisasi. Yang terakhir yaitu waktu,
sesimpel ketika kita terlambat yang rugi itu bukan hanya orang yang terlambat,
namun mereka yang sudah tepat waktu. Sebisa mungkin tugas jangan diselesaikan
saat dedline. Intinya jangan menjadi orang yang menyusahkan orang lain dalam
organisasi.
Manajemen Waktu
Saat berorganisasi pasti kita
bukan hanya mengikuti hanya satu itu. Ada yang ikut kepanitiaan, komunitas lain
dan yang sangat penting jelas akademik. Kita harus bisa memposisikan dirikita
saat mengerjakan tugas, pembagian waktu sangat penting. Karena jika tidak
melakukan pembagian waktu maka akan sangat berpengaruh dengan kehidupan kita,
bisa kacau dan tak beraturan. Initnya manajmen waktu adalah bagaimana kita
mengatur dan mengelola pambagian waktu yang efektif dan efisien ketika
mengerjakan tugas apapun selain berorganisasi.
Dari ketiga hal tersebut
sebenarnya bukan hanya bisa kita terapkan di dalam berorganisasi. Namun mutlak
bisa diterapkan pada kehidupan kita. Agar hubungan baik antar sesama dan
kegiatan kita sehari-hari dapat berjalan dengan selaras dan teratur sehingga
semuanya menjadi baik-baik saja pada akhirnya :)
Oleh : Muhammad Iqbal Syaf Rizal
Oleh : Muhammad Iqbal Syaf Rizal
Silverton Tire - Titanium Bridges
BalasHapusSilverton Tire is titanium bicycle designed to provide a superior titanium dive knife performance, comfort mens titanium earrings and performance of the components of titanium mens wedding band the tires. We are titanium studs the largest and most $1.00 · In stock