Konsep Manajemen Mutu Rumah Sakit

Sumber : http://syaircintadalamsyurga.blogspot.co.id/2013/04/temen-temen.html

Mutu menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah ukuran baik-buruk; kualitas (KBBI,2016). Manajemen mutu adalah pengelolaan atau peran dari manajer untuk menjamin kualitas suatu organisasi.

Tujuan dari manajemen mutu di Rumah Sakit (Kelly,2007) itu sendiri adalah :
  1. Memberikan pelayanan yang aman dan berkualitas
  2. Meningkatkan mutu terhadap pelayanan pasien dan pencapaian organisasi
  3. Meningkatkan kesehatan di lingkungan organisasi
 Pentingnya manajemen mutu yaitu untuk mengetahui baik-buruknya sesuatu yang ada di dalam organisasi. jika diketahui adanya yang kurang baik maka diperbaiki, jika sudah baik mutu yang ada di dalamnya maka terus dilakukan peningkatan yang berkelanjutan, maka dari itu perlunya pengawasan manajerial (Donabedian,2003) dengan menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan berada dalam pengawasan manajerial.

Terdapat 7 komponen definisi mutu antara lain :
  1. efikasi ; Memaksimalkan kemampuan untuk mencapai tujuan
  2. efektifitas ; menunjukan sesuatu yang berhasil guna (tepat sasaran)
  3. efisiensi ; menunjukan sesuatu yang berdaya guna (tidak membuang-buang sumber daya)
  4. optimal ; sebanding apa yang diterima dengan apa yang dikeluarkan
  5. dapat diterima : seuai dengan kehendak atau keinginan
  6. legitimasi : seuai dengan kebijakan dan aturan yang berlaku
  7. dan keadilan ; adil bagi semuanya, tidk membeda-bedakan satu sama lain
Terdapat istilah-istilah yang berhubungan dengan manajemen mutu, menurut Donabedian, istilah-istilah ini yang sering dipakai untuk mengetahui suatu kualitas, atau mutu apakah meningat atau tidak, istilah-istilah tersebut diantarannya :
  1. Medical Quality yaitu kualitas medis yang ada pada pelayanan kesehatan. Medical Quality ini hanya melihat kualitas pelayanan medis yang diberikan. Dapat diukur berdasarkan adanya : Structure ➡ Process ➡ Outcome
    –Contoh : jumlah dokter, perawat dan tenaga medis lain (Struktur)
    –Presentase orang yang mendapatkan pelayanan medis yang tepat (proses)
    –Dan jumlah orang yang didiagnosa atau sembuh dari suatu penyakit (outcome)
  2. Quality Assurance yaitu menjaga kualitas kinerja dengan menetapkan batas kualitas terburuk (minim) dari pekerjaan. Dengan menentukan batas minimum dapat meningkatkan/memacu para pekerja untuk meningkatkan kualitas kerjanya
  3. Quality Improvement yaitu suatu kegiatan meningkatkan Qualitas dengan cara membandingkan kenapa ada yang bisa unggul namun ada juga yang kinerjanya buruk saat mengerjakan tugas yang sama. Setelah mendapatkan metode yang tepat dilakukan oleh yang unggul maka qualitas bisa ditingkatkan dengan menerapkan metode yang sama kepada yang lain. dengan meningkatkan standar yang ada.
  4. Total Quality atau kualitas total adalah "sebuah filosofi atau pendekatan manajemen yang dapat dicirikan oleh prinsip, praktik, dan tekniknya.
    Terdapat tiga Prinsip Total Quality :
    1. Fokus pelanggan(Customers Fokus)
    2. Perbaikan terus-meneru (Continuous Improvement)
    3. Kerjasama tim (Teamwork)
  5. Quality Management dengan mengacu pada tujuan bagaimana beroprasi managerial di bidangnya, mengetahui bagaimana mengatur layanan kesehatan dan meningkatkan dan memperbaiki kualitas layanan yang diberikan.

Tabel diatas merupakan matriks dari istilah-istilah yang berhubungan dengan mutu.

 Terdapat cara-cara atau alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan (Improvement Tools) mutu Rumah Sakit, dan terdapat juga alay yang digunakan untuk memberikan keamanan (Patien Safety Tools). Improvement tools  yang biasa dilakukan yaitu dengan :
  1. Mengidentifikasi ekspektasi pelanggan dan stake holder (Identifying Customers and Stakeholder Ekspectation)
  2. Mendokumentasikan proses (Documenting the process)
  3. Mendiagnosa masalah (Diagnosing the problem)
  4.  Memonitor Proses (Monitoring the prosess)
  Alat atau instrumen yang biasa digunakan untuk mendokumentasikan proses (Documenting the process) masalah mutu diantaranya :
1. Process Flowchart 
 
Flowchart  ini digunakan untuk mencatat proses yang dilakukan suatu kegiatan, yang ditandai dengan simbol-simbol setiap proses yang berbeda. membantu mengetahui sedang berada dimana kita dalam suatu proses. dan memperjelas alur koordinasi suatu kegiatan.

2.  Workflow Diagram
 
 Workflow diagram  digunakan untuk mengetahui atau mencatat alur kerja suatu kegiatan dengan ditandai denah pergerakan dari satu tempat ke tempat lain.

3. Lead Time Analysis

 Lead Time Analysis ini digunakan untuk mencatat dan mengetahui proses lama waktu yang dilakukan dalam suatu alur kegiatan, seperti yang diatmpilak oleh tabel diatas.

Selanjutnya ada yang dinamakan dengan Tools atau alat yang digunakan untuk mendiagnosa masalah (Diagnosing the Problem)  yaitu dengan cara :
1. Fishbone Diagram
 
Dengan meilhat masalah yang digambarkan seperti tulang ikan selanjutnya mengidentifikasi dengan melihat masalah pada 4P (People,procedures,policies,plan) atau 4M (Man, Material, Machinary, Method) bukan *mengubur, menguras apalagi menutup

2. Check Sheet
 
Dengan membuat checklist masalah yang sering muncul, apakah muncul algi atau tidak dengan ditandai menggunakan ceklist dan selanjutnya digunakan untuk memperbaiki masalah.

3. Pareto Diagram


Dengan membuat preentase besaran masalah yang sering muncul dan terjadi di suatu tempat dengan membuat diagram pareto. yang selanjutnya masalah tersebut bisa diselesaikan hanya dengan menyelesaikan masalah yang besar dan sering terjadi.

Selanjutnya hal yang dilakukan yaitu memonitor proses dengan menggunakan Run Chart
 
Run Chart  digunakan untuk melihat dan mengetahui tingkat keberhasilan dari setiap proses apakah ada peningkatan atau penurunan selama periode waktu tertentu.

Dalam Manajemen mutu juga terdapat Patien Safety Tools. yaitu alat yang digunakan untuk mengidentifikasi keamanan yang diperoleh oleh pasien. diantaranya adalah :
1. FMEA (Failure Mode Effect Analysis)
 
Yaitu dengan melakukan pendekatan bertahap untuk mengidentifikasi kegagalan dalam suatu proses

2. Root Cause Analysis
 
Dengan melihat akar permasalahan yang terjadi didalam suatu proses

Berikut merupakan matriks dari istilah-istilah diatas :


Didalam manajemen mutu, kita harus bisa melihat suatu masalah berdasarkan system, atau yang biasa disebut dengan System Thinking. Dimana kita tidak hanya bisa melihat suatu masalah hanya disebabkan oleh satu sebab. bisa jadi masalah muncul dan dapat menyebabkan masalah lain karena satu sama lain berhubungan dalam suatu sistem.

Selain itu segala hal yang ada didalam rumah sakit itu selalu berubah, dan masalah-masalah didalamnya kompleks, melibatkan banyak hal. istilah yang dapat menggambarkan mengenai karakteristik ini disebut Dynamic Complexity

Perlu diketahui pula mengenai karakteristik sistem yang ada didalam organisasi pelayanan kesehatan. dalam hal ini adalah Rumah Sakit. Terdapat 5 karakteristik dari sistem organisasi pelayanan kesehatan. diantaranya adalah :
  1. Change >>> Sistem pelayanan kesehatan kerap mengalami perubahan di tingkat dan skala yang berbeda, yakni pasien, organisasi, dan  masyarakat/politik/lingkungan. Akibat dari perubahan ini manajer akan dihadapkan dengan proses pengambilan keputusan yang lebih kompleks. Untuk itu telah dikembangkan teknologi Artificial Intellegent untuk membuat keputusan yang paling tepat.
  2. Trade-offs >>> exchange something for or with another. Artinya setiap kebijakan yang diambil pada sistem pelayanan kesehatan akan memberikan dampak baik itu di lingkup lain maupun dimasa yang akan datang.
  3. History Dependency >>> Apa yang terjadi masa lalu atau keputusan yang diambil di masa lalu akan mempengaruhi apa yang akan terjadi dimasa depan. Hal ini dapat terjadi di tingkat pasien maupun organisasi pelayanan kesehatan.
  4. Tight Coupling >>> Sistem pelayanan kesehatan sangat berkaitan erat satu sama lain sehingga sehingga sebuah pelayanan yang dihasilkan sangatlah rumit prosesnya
  5. Nonlinearity >>> Pada sistem pelayanan Kesehatan, sebuah sebab jarang sekali sebanding dengan akibatnya hal ini disebabkan banyak hal-hal lain yang tak terduga terjadi diantaranya dan tidak dapat langsung dipahami. Hal ini menyebabkan seorang manajer harus berhati-hati memperhatikan urutan kejadian masalah untuk mengambil keputusan yang tepat
Konsep manajemen mutu in merupakan dasar berfikir mengenai apa yang ada di Rumah sakit dan bagaimana memanajemen masalah tersebut, memang organisasi pelayanan kesehatan sangat berbeda dengan organisasi-organisasi lain sehingga kita harus benar-benar belajar dan dapat berfikir secara sistem ya.


Referensi
  1. Donabedian, A. (2003). An Introduction to Quality Assurance in Health Care. New York: Oxford University Press.Kelly, D. 
  2. L. (2007). APPLYING QUALITY MANAGEMENT MANAGEMENT. Chicago: Health Administration Press, Illinois AUPHA Press.
  3. Kova, N. (n.d.). QUALITY MANAGEMENT IN HEALTH CARE CONTRIBUTING TO PATIENT SAFETY AND EFFICIENCY OF BUSINESS, 670–683.
  4. KBBI. [Online]. Tersedia di http://kbbi.co.id/arti-kata/mutu. Diakses 15 Februari 2018
  5. Kelly Diane L.  2007. Applying Quality Management in Healthcare a Sysem Approach Second Edition.Washington, DC : Health Administration Press, Chicago, Illinois AUPHA Press
  6. American Society of Quality: www.asq.org/learn-about-quality/process-analysis-tools/overview/fmea.html

Komentar

  1. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain, tenang,,sekarang ada 288cash.com yang akan menghibur kalian sekaligus mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan mengecewakan kalian deh...dan tentu nya juga masih banyak lagi bonus tiap bulan nya buruannn,,,,yuk ikutan gabung bersama 288cash.com

    Tersedia berbagai game di dalamnya :
    * Sportsbook
    * Kasino
    * Togel
    * Poker
    * Number Games
    * Slots

    Kunjungi Situs Kami !!
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup
    dengan minimal deposit hanya Rp. 20.000 dan minimal withdraw Rp. 50.000

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * Livechat
    * Whatsapp : +855888278896
    * Facebook : Stefanie Huang

    Salam Sukses 288cash.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desa Kecil Bernama "Karangpucung"

Model Sistem Dalam Pelayanan Kesehatan

Flakka, Ancaman Bagi Remaja #DiamBukanPilihan